Apel Rutin Jumat Sore, 31 Mei 2019
Seluruh jajaran Pegawai Mahkamah Syar'iyah Kutacane melaksanakan apel rutin, pada jumat sore 31 Mei 2019 di Kantor Mahkamah Syar'iyah kutacane
Seluruh jajaran Pegawai Mahkamah Syar'iyah Kutacane melaksanakan apel rutin, pada jumat sore 31 Mei 2019 di Kantor Mahkamah Syar'iyah kutacane
No. |
Uraian |
Biaya |
1. |
Biaya salinan informasi (berupa print out) |
Rp. 2.000 /lembar |
2. |
Biaya salinan informasi (berupa fotocopy) |
Rp. 200 /lembar |
3. |
Biaya salinan informasi (berupa CD-R) |
Rp. 7.500/keping |
4. |
Biaya transportasi petugas (bila diperlukan) |
Rp. 15.000/kegiatan (PP) |
PROSEDUR PENGADUAN
Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Mahkamah Syar’iyah Kutacane kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Mahkamah Syar’iyah Kutacane dan Mahkamah Syar’iyah Kutacane akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.
Cara menyampaikan pengaduan ke Mahkamah Syar’iyah Kutacane
A. Secara lisan
B. Secara tertulis
PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI
a. |
Sumber pengaduan: |
||
|
(1) |
Dari masyarakat: |
|
|
- |
Para pencari keadilan; |
|
- |
Pengacara; |
||
- |
Lembaga bantuan hukum; |
||
- |
Lembaga swadaya masyarakat; |
||
- |
Dewan perwakilan rakyat; |
||
- |
Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden; |
||
- |
Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara; |
||
- |
Komisi pemberantasan korupsi; |
||
- |
Komisi hukum nasional; |
||
- |
Komisi ombudsman nasional; |
||
- |
Komisi yudisial; |
||
- |
Dan lain-lain. |
||
(2) |
Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya) |
||
(3) |
Laporan kedinasan. |
||
|
Informasi dari: |
||
- |
Instansi lain; |
||
- |
Media massa; |
||
- |
Isu yang berkembang. |
||
b. |
Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan; |
||
c. |
Proses penanganan pengaduan: |
||
|
(1) |
Pencatatan; |
|
(2) |
Penelaahan; |
||
(3) |
Penyaluran; |
||
(4) |
Pembentukan Tim Pemeriksa; |
||
(5) |
Survey pendahuluan; |
||
(6) |
Menyusun rencana pemeriksaan; |
||
(7) |
Pelaksanaan pemeriksaan. |
MATERI PENGADUAN
Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. |
Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim. |
2. |
Penyalahgunaan wewenang atau jabatan. |
3. |
Pelanggaran sumpah jabatan. |
4. |
Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer. |
5. |
Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat. |
6. |
Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman. |
7. |
Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif. |
8. |
Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum. |
TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN
Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut:
a. |
Memeriksa pengaduan, meliputi: |
|
|
- |
Indentitas pengadu; |
- |
Relevansi kepentingan pengadu; |
|
- |
Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya; |
|
- |
Bukti-bukti yang dimiliki pengadu. |
|
b. |
Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut. |
|
c. |
Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi: |
|
|
- |
Identitas; |
- |
Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat; |
|
- |
Klarifikasi atas hal yang dilaporkan. |
|
d. |
Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya. |
|
e. |
Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir. |
|
f. |
Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan). |
|
g. |
Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan). |